Gantari TV

Koramil Cipayung dalam Mensosialisasikan Urban Farming kepada Warga dan Siswa

GANTARITV.COM┬áJakarta Timur – Dalam rangka mengembangkan ketahanan pangan di perkotaan, Koramil Cipayung telah mensosialisasikan konsep urban farming kepada para siswa SMUN dan SMK yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0505/JT, serta warga Bambu Apus. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan kosong di wilayah binaan Koramil Cipayung untuk ditanami berbagai macam sayur dan buah-buahan.

Kegiatan sosialisasi ini dipimpin oleh Danramil Cipayung, Mayor Inf Agus. Dalam sambutannya, Danramil menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan ketahanan pangan di wilayah binaan Koramil Cipayung, serta memberikan pengetahuan kepada para siswa untuk mengembangkan pertanian, baik di sekolah maupun di rumah.

Sosialisasi pengenalan urban farming ini diberikan kepada para siswa agar mereka dapat mengembangkan tanaman, baik sayuran maupun buah-buahan, pada lahan kosong yang terbatas secara maksimal. Beberapa contoh penerapan urban farming yang dapat dilaksanakan di pekarangan sekolah atau rumah, antara lain hidroponik, polybag, vertikultur, dan pemanfaatan rooftop.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan urban farming ini adalah dapat meningkatkan hasil pertanian lokal yang dikelola sendiri oleh warga setempat di sekitar lokasi urban farming. Selain itu, para siswa juga diajak untuk melakukan panen cabai rawit.

Kegiatan sosialisasi urban farming ini merupakan salah satu upaya Koramil Cipayung dalam mengembangkan ketahanan pangan di wilayah binaannya, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda untuk berinovasi dalam bidang pertanian perkotaan.

Berita Terbaru