Gantari TV

Optimalisasikan Pengamanan Polres Bandara Soetta Pantau Arus Mudik Via Command Center

GANTARITV.COM Tangerang – Upaya mengoptimalisasikan pengamanan dan mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat mudik Idul Fitri 2024, Polresta Bandara Soekarno Hatta memantau arus lalu lintas menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Command Center.

Kabagops Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Alvin Pratama mengatakan “Command Center tersebut dapat melihat dan memantau selama 24 jam pergerakan arus lalu lintas yang menuju dan dari Bandara Soekarno Hatta.” Katanya, Kamis (4/4/2024).

Command Center tersebut terintegrasi dengan CCTV yang berada di kawasan Bandara Soekarno-Hata hingga Tol Sedyatmo dan Jakarta-Tangerang.

“Sehingga, begitu kita lihat ada kepadatan arus lalu lintas, kami akan menginformasikan kepada anggota di lapangan sehingga anggota bisa bergerak cepat ke TKP untuk mengurai kepadatan lalu lintas,” Katanya.

Command Center juga mendapatkan data penerbangan dan jumlah penumpang yang akan berangkat dari pihak Angkasa Pura II. Dengan data tersebut Polisi akan menyiapkan langkah-langkah apabila terjadi peningkatan arus mudik.

“Data penerbangan untuk besoknya kami dapatkan malam hari, jadi kami bisa melihat peak hour-nya, sehingga kita bisa antisipasi,” Imbuhnya.

Alvin mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di Terminal Bandara Soekarno-Hatta. Polisi memastikan arus lalu lintas tetap lancar agar tidak mengganggu jadwal penerbangan.

“Kami akan melakukan rekayasa agar drop off penumpang di Bandara Soekarno-Hatta antreannya tidak panjang,” katanya.

Selanjutnya diketahui Polresta Bandara Soekarno Hatta melibatkan 230 personel dalam Operasi Ketupat Jaya 2024 untuk mengamankan mudik lebaran.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Roberto Pasaribu memastikan seluruh personel hari ini sudah tersebar untuk mengamankan arus mudik lebaran. Hal itu ia sampaikan dalam apel pasukan yang digelar di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, 3 April 2024.

“Dalam Operasi Ketupat Jaya 2024, sebanyak 230 personel dikerahkan Polresta Bandara Soetta pada pengamanan dan pelayanan arus mudik di waktu lebaran tahun 2024,” Ujarnya.

Pada pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2024 ini, Polresta Bandara Soekarno-Hatta mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan yang tidak hanya berada di kawasan terminal Bandara Soekarno-Hatta, tetapi juga di jalur arteri.

“Posko-posko tersebut berlokasi di Terminal 1, 2 dan 3 serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan mudik. Pelayanan tersebut gratis, dengan maksud menciptakan suasana mudik aman, ceria dan penuh makna.” Tegasnya.

Berita Terbaru