Gantari TV

Polres Simalungun Tingkatkan Pengamanan Kotak Suara Pasca Pencoblosan Pemilu 2024

GANTARITV.COM┬áSimalungun – Dalam rangka memastikan keamanan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, Polres Simalungun dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., telah melakukan peningkatan pengamanan khususnya pada kotak suara di PPK Kecamatan di Wilayah Kabupaten Simalungun. Langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap potensi gangguan selama pelaksanaan pemilu berlangsung.

Pada Jumat, 16 Februari 2024, telah dilaksanakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan sebagai bagian dari strategi penebalan pengamanan. Kegiatan tersebut melibatkan personel Sat Samapta Polres Simalungun yang tergabung dalam Tim Patroli Perintis. “Tim Patroli Perintis dari Sat Samapta Polres Simalungun akan meningkatkan pengamanan dengan melakukan patroli di PPK Kecamatan,” ungkap AKBP Choky.

Kehadiran tim patroli ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penyelenggara dan partisipan pemilu. Langkah preventif juga diambil untuk meminimalisir berbagai risiko yang dapat mengganggu kelancaran proses demokrasi. AKBP Choky juga menekankan pentingnya kerja sama dari semua pihak dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama periode pemilu.

Mengingat pentingnya pemeliharaan kondisi keamanan dan ketertiban hingga pengumuman resmi hasil pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkontribusi aktif dalam menjaga kestabilan situasi. Kapolres menekankan bahwa peran serta masyarakat sangat krusial dalam menjaga kondusivitas wilayah selama dan sesudah pelaksanaan pemilu.

“Kami menghimbau kepada semua elemen masyarakat Simalungun untuk bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif. Mari kita tunjukkan bahwa kita bisa melaksanakan pemilu dengan damai dan sejuk,” kata AKBP Choky. Beliau juga menambahkan bahwa setiap warga memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung terselenggaranya proses demokrasi yang adil dan berintegritas.

Lebih lanjut, AKBP Choky mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh berbagai isu yang bisa menimbulkan ketidakharmonisan. “Jangan mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Mari kita cegah bersama potensi gangguan keamanan yang dapat merusak keharmonisan sosial,” ujar Kapolres.

Selain itu, pihak Polres Simalungun juga berkomitmen untuk bertindak tegas terhadap siapapun yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban, serta proses demokrasi. “Kami akan mengambil tindakan tegas terhadap berbagai bentuk ancaman dan gangguan keamanan yang mungkin terjadi. Keamanan dan ketertiban adalah prioritas kami,” tegas AKBP Choky.

Dengan demikian, keseriusan jajaran Polres Simalungun dalam mengamankan proses pemilu diharapkan dapat memberikan perlindungan yang maksimal terhadap hak pilih warga, dan menjaga suasana kondusif sepanjang periode pemilu tahun 2024.

Inisiatif peningkatan keamanan ini menunjukkan komitmen Polres Simalungun dalam mengawal proses demokrasi yang sehat dan damai. Diharapkan dengan berbagai upaya yang dilakukan, pelaksanaan pemilu di Kabupaten Simalungun dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan.(joe).

Berita Terbaru